Rumus Fisika tentang Gerak GLB dan GLBB

Pada tulisan ini, saya telah menunjukkan kepada Anda bagaimana menurunkan tiga bentuk rumus yang sering digunakan dalam menyelesaikan soal-soal yang menyangkut gerak GLBB. Penurunan rumus fisika tersebut berangkat dari definisi konsep yang digunakan dalam GLBB dan GLB, yaitu definisi kecepatan dan percepatan.

Namun demikian, adakalanya kita ingin hasil akhir dari rumus fisika tersebut tanpa perlu terganggu oleh prosedur penurunan dari rumus tersebut. Oleh karena itu, pada tulisan ini saya rangkumkan rumus-rumus gerak GLB dan GLBB tersebut pada tabel berikut. Dengan membuat rangkuman rumus seperti ini, akan lebih memudahkan kita untuk membandingkan antara bentuk rumus yang satu dengan rumus yang lainnya sehingga lebih mudah untuk diingat.  

Perhatian : Meskipun sangat menguntungkan bila kita dapat menghafal rumus fisika dengan baik, kami ingatkan Anda untuk memahami terlebih dahulu rumus tersebut sebelum dihafalkan.

Rumus Bentuk rumus Penjelasan
Rumus 1 Rumus ini menghubungkan antara kecepatan benda setelah selang waktu t (vt) dengan kecepatan awal benda (vo), percepatan (a) dan selang waktu t. Persamaan ini mengatakan bahwa kecepatan benda setelah selang waktu t adalah sama dengan kecepatan mula-mula benda ditambah dengan berapa perubahan kecepatannya selama selang waktu t tersebut
Rumus 2 Rumus ini menghubungkan antara kecepatan akhir (vt), kecepatan awal (vo), percepatan (a), dan jarak tempuh (s). Perhatikan bahwa kecepatan (baik kecepatan awal maupun kecepatan akhir) dinyatakan dalam bentuk kuadrat.
Rumus 3 Rumus ini digunakan untuk menghitung perpindahan benda (s) jika diberikan informasi tentang kecepatan awal (vo), percepatan (a), dan selang waktu gerak (t).
Rumus Fisika tentang Gerak GLB dan GLBB Rumus Fisika tentang Gerak GLB dan GLBB Reviewed by Aska Gifari on Senin, Januari 05, 2015 Rating: 5

1 komentar:

  1. buat tulisan ttg asal usul persamaannya juga dong :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.